Pengaruh Bahan Pembelajaran, Classroom Management, Dan Self-Confidence Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Siswa Kelas XI MIPA SMASK Bhaktyarsa Maumere

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Bahan Pembelajaran, Classroom Management, Dan Self-Confidence Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Siswa Kelas XI MIPA SMASK Bhaktyarsa Maumere

XML

Skor PISA (Program for International Student Assessment) Indonesia, yang telah diadopsi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak mengalami perkembangan signifikan dalam kurun waktu 15 tahun, yakni selalu di bawah angka 400. Skor PISA yang rendah berkorelasi pada temuan lanjut PISA, yakni rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (high order thinking skill). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal yaitu self-confidence (kepercayaan diri), bahan pembelajaran dan classroom management (pengelolaan kelas). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-confidence, bahan pembelajaran, dan classroom management terhadap kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS siswa kelas XI MIPA SMASK Bhaktyarsa Maumere pada materi program linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA SMASK Bhaktyarsa Maumere. Penarikan sampel dengan menggunakan persamaan slovin. Validitas instrumen diuji menggunakan nilai loading factor, AVE dan cross loading. Dan uji reliabilitas menggunakan metode cronbach’s alpha dan composite reliability. Data dikumpulkan dengan instrumen angket dan soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu analisa Structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan program Partial least square (PLS) SmartPLS versi 4.1.0.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan pembelajaran dan Classroom Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS. Self-Confidence berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS.
Keywords: Bahan Pembelajaran, Classroom Management, HOTS, Self- Confidence, Structural Equation Modelling.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Albertin Alfrinda - Personal Name
Student ID
1901030043
Dosen Pembimbing
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Imelda H. E. Rimo - 19890603 20232 1 004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Alf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA