Gambaran Dampak Bermain Game Online Pada Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Gambaran Dampak Bermain Game Online Pada Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Game online merupakan permainan online yang dapat dimainkan melaluismartphone, tablet, laptop, atau komputer yang terhubung ke internet dan dapatdimainkan baik secara individu maupun multiplayer dimana pemain dapatberinteraksi dengan pemain lain di seluruh dunia. Game online sangat digemari olehkalangan usia terutama di kalangan mahasiswa dimana game online digunakansebagai penurunan stres terhadap tuntutan akademis dan kepuasan pribadi. Gameonline menjadi salah satu alternatif pilihan bagi mahasiswa ketika bosan dan jenuhdalam belajar. Namun tanpa disadari, game online ternyata memberikan dampakbagi pemainnya baik dampak positif seperti meningkatkan kemampuan berbahasainggris, menjadi tekun dalam belajar namun game online juga memberikan dampaknegatif yang mampu mempengaruhi kegiatan belajar di perguruan tinggi sepertimenimbulkan insomnia, kecanduan dan stres. Tujuan penelitian ini untukmengetahui gambaran dampak dari bermain game online pada mahasiswa ProdiKesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Kupang. Jenis penelitian adalahpenelitian deskriptif dengan rancangan survey. Penelitian ini dilaksanakan di ProdiKesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Kupang dengan waktu penelitianmei-juni 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3, 5, 7,dan 9 yang berjumlah 874 orang. Sampel menggunakan teknik purposive samplingsebanyak 100 orang mahasiswa. Analisis data yang digunakan menggunakananalisis univariat untuk mengetahui gambaran game online pada mahasiswa. Hasilpenelitian: gambaran variabel insomnia diketahui paling banyak mahasiswa yangmengalami insomnia ringan sebanyak 68 orang (68%), insomnia sedang sebanyak25 orang (25%), tidak ada keluhan sebanyak 6 orang (6%), dan insomnia beratsebanyak 1 orang (1%), gambaran variabel kecanduan game paling banyakmahasiswa yang mengalami kacanduan sebanyak 67 orang (67%) sedangkan tidakkecanduan sebanyak 33 orang (33%), gambaran variabel stres paling banyakmahasiswa yang mengalami stres sedang sebanyak 68 orang (68%), stres rendahsebanyak 18 orang (18%), dan stres tinggi sebanyak 14 orang (14%).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2007010052
Dosen Pembimbing
SONI DOKE - 196906061998021002 - Dosen Pembimbing 1
Agus Setyobudi - 197809262003121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Soni Doke - 196906061998021002 - Ketua Penguji
agus se - - Penguji 1
Mustakim Sahdan - 197811102002121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : kupang,.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
131. 01 Gad G
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA