PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KUPANG

XML

Kemajuan teknologi yang mendunia telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk di bidang politik, ekonomi, kebudayaan, seni dan bahkan di bidang pendidikan. Teknologi dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan suasana pembelajaran yang kondusif dan memudahkan peserta didik dalam menvisualisasikan materi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Kupang yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjuukan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android pada materi SPLDV yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Untuk aspek valid, diperoleh rata-rata total kevalidan dari 3 ahli media dan materi adalah 4.58 dan termasuk kategori “sangat valid”. Untuk aspek praktis, diperoleh rata-rata total kepraktisan ujicoba skala kecil 4.82 yang termasuk kategori “sangat praktis”, untuk rata-rata total kepraktisan ujicoba skala besar oleh peserta didik 4.4 yang termasuk kategori “sangat praktis”, untuk rata-rata total kepraktisan ujicoba skala besar oleh guru 5 yang termasuk kategori “sangat praktis”. Untuk aspek efektif, diperoleh presentase ketentasan skala kecil 80% yang termasuk kategori “efektif” dan untuk presentase ketentasan skala besar 83% yang termasuk kategori “sangat efektif”. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci: Articulate Storyline 3, Media Pembelajaran Berbasis Android, Pengembangan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ingkri Welminci Sanu - Personal Name
Student ID
1901030089
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 199208102022031005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 1
ALEKSIUS MADU - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 San P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA