Pengaturan Fungsi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaturan Fungsi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Belu

XML

Administrasi kependudukan merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam menyelenggarakan dan mengatur dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan dan pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan sektor lainnya. Administrasi kependudukan mempunyai peranan penting dalam pembangunan suatu negara, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memperlancar akses penduduk terhadap pelayanan publik yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pengaturan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Belu? dan (2) Apakah saja faktor penghambat dalam pelaksanaan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Belu? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaturan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Belu, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan fungsi tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang didukung oleh penelitian hukum empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum normatif dan hukum empiris. Data primer dikumpulkan melalui wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari peraturan perundang-undangan, kepustakaan hukum, dan dokumen terkait. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan teknik interpretasi dan konstruksi hukum. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Penataan fungsi Disdukcapil Kabupaten Belu telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, namun terdapat beberapa faktor penghambat yang mempengaruhi efektivitas pelayanannya. (2) Faktor penghambat dalam penelitian ini antara lain kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kurangnya sumber daya manusia yang terlatih. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan infrastruktur teknologi informasi, meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia, serta meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan.
Kata kunci: Pengaturan, Fungsi, Faktor Penghambat, Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JOVANKA PITERZON ADOE - Personal Name
Student ID
2002010182
Dosen Pembimbing
KOTAN Y STEFANUS - 196012271987021001 - Dosen Pembimbing 1
Cyrilius W.T Lamataro - 199102122020121012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Kotan Y Stefanus,S.H., M.Hum - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Cyrilius W.T Lamataro - 199102122020121012 - Penguji 1
Dr. Saryono Yohanes, S.H., M.Hum - 19662207121989121010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 ADO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA