PENGARUH GAYA, MINAT, LINGKUNGAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 5 KUPANG DENGAN MENGGUNAKAN PATH ANALYSIS

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH GAYA, MINAT, LINGKUNGAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 5 KUPANG DENGAN MENGGUNAKAN PATH ANALYSIS

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika yang dimiliki oleh siswa-siswi kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Kupang. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh langsung gaya belajar, lingkungan belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika dan juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tidak langsung minat belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui kemandirian belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 5 Kupang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 308 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,180 sehingga kontribusi yang diberikan sebesar 3,25%. (2) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui kemandirian belajar. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,258 sehingga kontribusi yang diberikan sebesar 6,64%. (4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,269 sehingga kontribusi yang diberikan sebesar 7,25%.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika, Analisis Jalur


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sya'ban Setyawan Ahmad - Personal Name
Student ID
2001030056
Dosen Pembimbing
Ch. Krisnandari Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska Atrik Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Ch. Krisnandari Ekowati, M.Si - 19640917 199003 2 001 - - Ketua Penguji
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Penguji 1
Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ahm P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA