PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI IPS DI SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 3

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI IPS DI SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 3

XML

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas VB yang berjumlah 16 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yakni model problem based learning berbantuan media audio visual dan variabel terikat yakni hasil belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72,09 dan posttest kelas kontrol sebesar 50.13. Nilai kriteria ketuntasan
minimal pada mata pelajaran IPS sebesar 70. Model problem based learningberbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar diketahui dari uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari signifikansi (sig.) 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan signifikan pada hasil belajar dari kelas yang diberi perlakuan dengan model problem based learning berbantuan media audio visual dan kelas yang tidak diberi perlakuan tersebut.
Kata kunci: PBL, media audio visual, hasil belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Inasensia Seran - Personal Name
Student ID
1901140278
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Hiwa Wonda, S.Pd, M.Pd - 19620123 198803 1 001 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ser P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA