Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI IPS DI SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 3
XMLTujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas VB yang berjumlah 16 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yakni model problem based learning berbantuan media audio visual dan variabel terikat yakni hasil belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72,09 dan posttest kelas kontrol sebesar 50.13. Nilai kriteria ketuntasan
minimal pada mata pelajaran IPS sebesar 70. Model problem based learningberbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar diketahui dari uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari signifikansi (sig.) 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan signifikan pada hasil belajar dari kelas yang diberi perlakuan dengan model problem based learning berbantuan media audio visual dan kelas yang tidak diberi perlakuan tersebut.
Kata kunci: PBL, media audio visual, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Inasensia Seran - Personal Name
|
Student ID |
1901140278
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Hiwa Wonda, S.Pd, M.Pd - 19620123 198803 1 001 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ser P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |