Skripsi
Gambaran Kepuasan Pasien Puskesmas Oepoi Kota Kupang Tahun 2023
XMLKesehatan adalah hak dasar yang ditegaskan dalam Undang-Undang No. 17/2023, yang mencakup hak atas pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggambarkan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Oepoi pada tahun 2023, menggunakan dimensi mutu pelayanan menurut Parasuraman (2002), yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kepuasan pasien di Puskesmas Oepoi Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Penelitian dilakukan pada bulan april 2024 dengan sampel sebanyak 32 orang pasien. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien dengan variabel daya tanggap 72,72%, dan bukti fisik 75,40%, pasien cukup puas. Pada variabel kehandalan, pasien puas dengan nilai 84,87%, variabel jaminan 96,99% dan variabel empati 178,89% pasien sangat puas. Peningkatan pelayanan di Puskesmas Oepoi dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan yang responsif dan informatif, memastikan kelengkapan dan kebersihan alat kesehatan serta ruangan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien dan memperkuat kualitas pelayanan secara keseluruhan.
Kata Kunci : Kepuasan, Pasien, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PRISKA PATRICIA BISTOLEN - Personal Name
|
Student ID |
1807010370
|
Dosen Pembimbing |
Serlie K. A. Littik - 19770923 200212 1 001 - Dosen Pembimbing 1
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Ketua Penguji
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Penguji 1 FRANS G MADO - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 BIS G
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |