Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Memaknai Pentingnya Kebhinekaan Di Kelas II SDI Oetete 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Memaknai Pentingnya Kebhinekaan Di Kelas II SDI Oetete 2 Kota Kupang

XML

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur Penelitian dilakukan dengan kegiatan pra siklus kemudian dilanjutkan dengan siklus I dan II pada subjek penelitian yang berjumlah 19 Orang. teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 60 dan 52,79 sehingga keduanya tergolong kriteria cukup (C) penyebabnya hasil yang rendah yakni siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif berdiskusi, tidak menanyakan materi yang belum dipahami, dan belum mampu menjawab soal yang diberikan. Pada siklus I guru kurang menguasai kelas dan hanya memperhatikan siswa yang aktif saja, belum membimbing siswa secara individual, guru kurang maksimal dalam membantu siswa menyimpulkan pembelajaran. Selanjutnya pada pembelajaran siklus II aktivitas guru dalam kelas sudah mengalami peningkatan yaitu nilai observasi guru sebesar 90 dengan kriteria baik sekali (BS) dan rata-rata hasil tes siswa yaitu 80,52 dengan kriteria Sangat Baik (SB). Pada siklus II guru mencoba memperbaiki pembelajaran sebelumnya sehingga ketuntasan siswa pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100%. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar, dimana pada siklus II semua siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini terjadi karena berdasarkan hasil refleksi dari siklus I sehingga di siklus II guru telah memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya dan membuat penelitian ini dihentikan karena telah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUSTINA SULASTRI LISU - Personal Name
Student ID
2001140123
Dosen Pembimbing
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Ketua Penguji
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LIS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA