Skripsi
Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap RSUD Ruteng Kabupaten Manggarai
XMLTujuan dari pelayanan publik adalah untuk memberikan kepuasan dan layanan yang sesuai dengan keinginan masyarakat atau layanan publik secara umum. Untuk mencapai target ini, kualitas layanan yang memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat harus menjadi prioritas pemerintah. Salah satu jenis layanan kebutuhan dasar adalah kesehatan. Layanan kesehatan harus mendapatkan perhatian serius karena kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Namun, pengamatan awal menunjukkan bahwa layanan di RSUD Ruteng masih menghadapi masalah, seperti fasilitas yang tidak memadai dan sikap buruk dari beberapa perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan kesehatan di ruang rawat inap RSUD Ruteng, Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan di RSUD Ruteng dari segi aspek nyata atau bukti fisik terkait dengan kelengkapan, kebersihan, dan kerapihan fasilitas di ruang rawat inap dapat dianggap cukup baik, meskipun tidak sepenuhnya memuaskan. Mengenai keandalan, banyak pasien yang menyatakan kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh staf medis, tercatat bahwa perawat umumnya ramah dan tidak melakukan kesalahan yang dapat membahayakan pasien. Perawat juga mampu memberikan informasi kepada pasien yang membutuhkan bantuan secara efektif. Dalam hal responsivitas, perawat di ruang rawat inap dilaporkan merespons dengan baik, karena wawancara dengan pasien menunjukkan bahwa perawat datang tepat waktu saat dipanggil dan jarang menunda bantuan mereka. Dimensi berikutnya adalah jaminan, yang berkaitan dengan kemampuan staf medis untuk menanamkan kepercayaan pada pasien. Wawancara mengungkapkan bahwa pasien merasa percaya pada layanan yang diberikan karena tidak ada insiden mencurigakan atau berbahaya selama perawatan mereka. Jika ada kritik atau saran dari pasien, ruang rawat inap telah menyediakan kotak saran, menunjukkan keterbukaan mereka untuk menerima masukan. Empati dari staf medis dilaporkan baik; pasien mengatakan bahwa perawat sering memeriksa kondisi mereka dan memberikan dorongan untuk pemulihan yang cepat.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, RSUD
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARTHA CRISTHA YOSEPHIN NAHAS - Personal Name
|
Student ID |
2103010116
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
David W. Rihi - - Penguji 1 Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 NAH A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |