Skripsi
ANALISIS LEVEL BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN TEORI BERPIKIR VAN HIELE DI KELAS VIII SMPN 2 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan Teori berpikir Van Hiele. Level berpikir geometri menurut teori Van Hiele terbagi menjadi 5 yaitu: level 0 (Visualisasi), level 1(analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (Rigor). Penelitian ini menggunakan metode kombinasi/ mixed methods dengan strategi metode campuran sekuensial/ bertahap (sequential mixed methods) terutama eksplanatoris sekuensial yang dilakukan di SMPN 2 Kupang dengan jumlah subjek sebanyak 60 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah Van Hiele Geometry test (VHGT) dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yaitu uji normalitas dan uji Hipotesis serta analisis data kualitatif yaitu pengumpulan data, deskripsi data mentah, reduksi data, kategori data, dan Mengkontruksi hubungan kategorisasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Siswa yang berada pada level 0 (visualisasi) sebanyak 2 orang (3.33%) dimana siswa dapat memahami dan mengetahui bentuk dari suatu bangun datar yang ada pada soal dan mengetahui bentuk dari benda yang diamati tanpa mengetahui dengan benar ciri-ciri dari benda tersebut. Siswa yang berada pada level 1 (analisis) sebanyak 32 orang (53.33%) Pada level ini, siswa dapat mengenal bangun berdasarkan penampakannya dan mampu menyebutkan ciri-ciri dari bangun yang diamati. Siswa yang berada pada level 2 (deduksi informal) sebanyak 21 orang (35%) dimana siswa dapat memahami dan mengetahui bentuk dari bangun datar, mampu membedakan bangun berdasarkan sifatnya, dan mampu mengetahui hubungan antar bangun yang berbeda. Siswa yang berada pada level 3 (deduksi) sebanyak 2 orang (3.33%) dimana siswa memahami bentuk dari bangun yang diamati, ciri-ciri dari bangun yang diamati, bagaimana hubungan dari satu bangun dengan bangun yang sedang diamati, dan siswa pada level ini ketika mengetahui hubungan antar satu bangun dapat menarik kesimpulan dari hubungan bangun tersebut. Siswa yang berada pada level 4 (rigor) sebanyak 3 orang (5%) dimana siswa dapat sudah mampu sudah mulai menyadari betapa pentingnya ketetapan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi satu pembuktian.
Kata kunci: Level berpikir, teori Van Hiele, Soal Geometri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Talita Wulan Enggelina Talonggoe - Personal Name
|
Student ID |
2001030084
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 1 Dr. Ch. Krisnandari Ekowati, M.Si - 19640917 199003 2 001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Tal A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |