Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di SMK Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di SMK Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan pada kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan di SMK Negeri 2 Kupang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan, (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial yang telah dibuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian R&D (Research and Development), dengan menggunakan prosedur yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (2003) dan sutopo (2003) yang memiliki 4 tahapan yang harus dilewati yaitu (1) tahap membuat konsep, yang terdiri dari analisis awal, analisis akhir, pengumpulan materi dan materi pendukung; (2) tahap pembuatan produk terdiri dari design dan assembly; (3) tahap uji coba (testing) terdiri dari validasi ahli materi dan ahli media selanjutnya produk direvisi dan diujicobakan pada skala kecil dan skala besar; dan (4) distribution merupakan produk yang sudah siap untuk digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang berupa angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran proses dengan cara dijumlahkan kemudian dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan sehingga memperoleh persentase kelayakan. Hasil penilaian yang diperoleh dari pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan adalah yaitu; (1) persentase kelayakan pada ahli materi 1 skor penilaian yang diperoleh adalah sebesar 93,7% dan ahli materi 2 sebanyak 91,2%, (2) persentase kelayakan pada ahli media 1 skor penilaian yang diperoleh adalah sebesar 83,7% dan ahli media 2 sebanyak 86,2%; (3) persentase skor tanggapan dari penonton mahasiswa sebesar 81,3% dan (4) persentase skor tanggapan dari siswa sebesar 90,7%. Dari hasil penilaian dan tanggapan yang didapat, maka peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan ini layak untuk digunakan dan dikembangkan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Produk Kreatif Dan Kewirausahaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BONIFASIO FERNANDES - Personal Name
Student ID
1801110076
Dosen Pembimbing
Asrial - 196111051990031001 - Dosen Pembimbing 1
Roly Edyan - 198806222020121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Asrial - 196111051990031001 - Ketua Penguji
Roly Edyan - - Penguji 1
Paul G. Tamelan - 196702251992031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Bangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 FER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA