Skripsi
Collaborative Governance Dalam Mendukung Kebijakan Pelayanan Pendidikan (Studi : Penyelenggara Paud Hi (Holistik Integratif) Kabupaten Sumba Barat)
XML
Program Pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif (PAUD HI) telah mulai dikembangkan dalam kerjasama Pemerintah Kabupaten Sumba Barat lembaga nonpemerintahan dalam organisasi Taman Pawoda sejak tahun 2017, sebagai acuan pelaksanaan program kebijakan tersebut, Bupati Sumba Barat telah memberikan mandat kepada Tim Taman Pawoda Tingkat Kabupaten sebagai acuan pelaksanaan program kebijakan tersebut, melalui Surat Keputusan Bupati Sumba Barat No : KEP/HK/23/2017 tentang Pembentukan Tim Taman Pawoda, untuk menyusun, melaksanakan dan memonitoring program dari pemerintah. Metode. Metode yang dilakukan yaitu dengan penelitian kualitatif dengan pendektan studi kasus. Berlokasi di Kabupaten Sumba Barat. Hasil. * Sumber Daya: Keterbatasan tenaga pendidik di daerah terpencil dan tantangan dalam distribusi dana menjadi kendala utama. Meskipun pelatihan dan dukungan dana telah diberikan, perlu ada upaya lebih lanjut untuk memastikan pemerataan sumber daya. * Produktivitas: Program telah menunjukkan kemajuan, terutama dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pelatihan pendidik. Namun, keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia masih menjadi hambatan utama dalam mencapai target kuantitatif.* Informasi: Pertukaran informasi yang efektif dan evaluasi program yang transparan telah mendorong peningkatan kualitas layanan. Kolaborasi lintas sektor dan pemanfaatan teknologi informasi juga memberikan dampak positif.* Legitimasi: Partisipasi aktif masyarakat dan akuntabilitas dalam pengelolaan program telah meningkatkan legitimasi PAUD HI. Transparansi dan mekanisme umpan balik yang efektif juga menjadi kunci keberhasilan. Kesimpulan. Program PAUD HI di Sumba Barat telah menunjukkan hasil yang positif, terutama dalam meningkatkan kualitas layanan yang ada. Namun, untuk mencapai target yang lebih luas dan meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan, masih diperlukan upaya yang lebih besar, terutama dalam hal peningkatan anggaran, penguatan sumber daya manusia dan penguatan kolaborasi.
Kata kunci : Kolaborasi, Kebijakan, Pendidikan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ARNOLDUS UMBU DJAWA - Personal Name
|
Student ID |
2003010240
|
Dosen Pembimbing |
Melkisedek N.B.C Neolaka - 196305191989011001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Melkisedek N.B.C. Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1 Ardy Y. Pandie - 19901006 202321 1 023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 DJA C
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |