Skripsi
Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perbandingan Senilai Bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Ile Ape
XMLPembelajaran di sekolah sering kali masih didominasi oleh pendekatan tekstual dan metode konvensional yang berfokus pada ceramah, penjelasan prosedural, serta latihan soal. Akibatnya, peserta didik dengan kemampuan belajar yang berbeda sering kesulitan mengikuti pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan merancang desain pembelajaran berdiferensiasi konten pada materi perbandingan senilai untuk memenuhi kebutuhan belajar
peserta didik secara efektif. Desain ini diharapkan dapat meningkatkan fokus, efisiensi waktu, serta pemahaman siswa terhadap materi.
Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri atas tiga tahapan utama: preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ile Ape dengan teknik pengumpulan data mencakup asesmen diagnostik kognitif, asesmen sumatif, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil asesmen. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi konten pada materi perbandingan senilai yang terbukti valid dan efektif dengan tingkat keberhasilan 86,95%. Hasil observasi menunjukan bahwa aktivitas peserta didik mencapai 89,29% dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mampu mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam berdiskusi dan bekerja sama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu memfasilitasi peserta didik sesuai dengan tingkat kemampuannya
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Sergiana Ari - Personal Name
|
Student ID |
2001030045
|
Dosen Pembimbing |
Ch. Krisnandari Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska Atrik Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Ch. Krisnandari Ekowati, M.Si - 19640917 199003 2 001 - - Ketua Penguji
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Penguji 1 Imelda H. E. Rimo, M. Si - 19890603 20232 1 004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Ari D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |