Skripsi
Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Persamaan Garis Lurus Bagi Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 11 Kota Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan merancang desain pembelajaran berdiferensiasi pada materi persamaan garis lurus untuk siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 11 Kota Kupang guna mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah design research dengan tiga tahapan: persiapan, uji coba desain, dan analisis retrospektif. Instrumen penelitian meliputi asesmen diagnostik, asesmen sumatif, LKPD, observasi, dan wawancara. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan hasil belajar, dengan 85,18% siswa mencapai KKM. Observasi juga menunjukkan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase 84,12%. Desain pembelajaran ini dinilai mampu memenuhi kebutuhan dan kemampuan siswa, sehingga mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi; persamaan garis lurus; Kurikulum Merdeka; design research.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Anjelina Kewa Piran - Personal Name
|
Student ID |
2001030042
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska Atrik Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Penguji 1 Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Pir D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |