Skripsi
Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 20 Kota Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi pada materi pola bilangan khususnya barisan aritmatika. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian desain (design research) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preparing for the experiments, design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 20 Kota Kupang, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan 2 draf desain pembelajaran berdiferensiasi konten yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi barisan aritmatika. Draf 1 yang dihasilkan terdiri dari LKPD kategori sedang dan asesmen sumatif, sedangkan pada draf 2 yang dihasilkan terdiri dari modul ajar, asesmen dignostik, LKPD kategori rendah, dan LKPD kategori tinggi. Berdasarkan perolehan data, ditemukan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil evaluasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal peserta didik yaitu 86,20%.
Kata kunci : Desain pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pola Bilangan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Claudia Patrisia Deo - Personal Name
|
Student ID |
2001030026
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 1 Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Deo D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |