Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDI NANO KABUPATEN TTS
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nano pada materi sistem peredaran darah manusia dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Nano Kabupaten TTS dengan subjek penelitian adalag siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan secara bertahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan terdiri dari soal Tes evaluasi, observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 28,50% dengan 6 orang siswa saja yang tuntas, sedangkan 15 siswa dengan nilai ketuntasan 71,50% lainnya tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II, mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan 90,50% dengan 19 orang yang tuntas dan 2 orang yang tidak tuntas dengan persentase 9,50%. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang sistem peredaran darah manusia.
Kata kunci: hasil belajar, model problem based learning
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANTONIA KASE - Personal Name
|
Student ID |
1901140280
|
Dosen Pembimbing |
Dr.Taty R.Koroh, S.Pd, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Netty E. A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862. 06 Kas A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |