Skripsi
PERAN GURU PPKn DALAM PEMBINAAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI NUNFUTU KECAMATAN FATUKOPA KABUPATEN TIMUR TENGAH SELATAN
XMLRumusan masalah (1) Peran guru PPKn dalam Pembinaan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri Nunfutu Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan (2) Peran guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembeajaran untuk pembinaan kecerdasan moral siswa kelas VII SMPNegeri Nunfutu Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam Pembinaan kecerdasan moral siswa Kelas VII SMP Negeri Nunfutu Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan (2) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran untuk pembinaan kecerdasan moral siswa kelas VII di SMP Negeri Nunfutu Kecamatan fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn berjumlah 1 orang, dan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri nunfutu yang diambil 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru PPKn berperan dalam pembinaan kecerdasan moral siswa melalui nilai-nilai kecerdasan moral seperti mengembangkan sikap empati, mengembangkan sikap menghormati orang lain(respect), mengembangkan sikap toleransi, dan mengembangkan sikap adil. Dan siswa juga sudah dapat menunjukkan kompetensi moral melalui 4 aspek yaitu integritas, tanggung jawab, kasih sayang dan pemaaf. Mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sebagai wadah mengembangkan kecerdasan moral siswa terutama dalam membentuk sikap. (2) Peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi pembalajaran berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa dan sudah terlaksana dengan baik dan optimal dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sudah baik disaat proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran melalui penanaman nilai moral dan pembiasaan-pembiasaan yang baik.
Kata Kunci : Peran Guru, PPKn, Kecerdasan Moral.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yusti Tlaan - Personal Name
|
Student ID |
2001070095
|
Dosen Pembimbing |
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Penguji 1 Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Tla P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |