PERAN GURU PPKn DALAM PEMBINAAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI NUNFUTU KECAMATAN FATUKOPA KABUPATEN TIMUR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU PPKn DALAM PEMBINAAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI NUNFUTU KECAMATAN FATUKOPA KABUPATEN TIMUR TENGAH SELATAN

XML

Rumusan masalah (1) Peran guru PPKn dalam Pembinaan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri Nunfutu Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan (2) Peran guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembeajaran untuk pembinaan kecerdasan moral siswa kelas VII SMPNegeri Nunfutu Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam Pembinaan kecerdasan moral siswa Kelas VII SMP Negeri Nunfutu Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan (2) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran untuk pembinaan kecerdasan moral siswa kelas VII di SMP Negeri Nunfutu Kecamatan fatukopa Kabupaten Timur Tengah Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn berjumlah 1 orang, dan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri nunfutu yang diambil 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru PPKn berperan dalam pembinaan kecerdasan moral siswa melalui nilai-nilai kecerdasan moral seperti mengembangkan sikap empati, mengembangkan sikap menghormati orang lain(respect), mengembangkan sikap toleransi, dan mengembangkan sikap adil. Dan siswa juga sudah dapat menunjukkan kompetensi moral melalui 4 aspek yaitu integritas, tanggung jawab, kasih sayang dan pemaaf. Mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sebagai wadah mengembangkan kecerdasan moral siswa terutama dalam membentuk sikap. (2) Peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi pembalajaran berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa dan sudah terlaksana dengan baik dan optimal dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sudah baik disaat proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran melalui penanaman nilai moral dan pembiasaan-pembiasaan yang baik.
Kata Kunci : Peran Guru, PPKn, Kecerdasan Moral.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yusti Tlaan - Personal Name
Student ID
2001070095
Dosen Pembimbing
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Tla P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA