Skripsi
Analisis Kemampuan Penalaran Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Berpikir Model Gregorc Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lobalain
XML
Kemampuan penalaran memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembelajaran matematika karena dengan penalaran yang baik siswa mampu memahami konsep serta dapat memecahkan masalah, tidak hanya dalam pembelajaran matematika tetapi juga memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah matematika materi trigonometri ditinjau dari gaya berpikir gregorc siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lobalain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya berpikir, soal tes dan wawancara dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret (SK) hanya memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika dan menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisa situasi matematika. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak (SA) lebih baik dalam penalaran daripada siswa dengan kategori gaya berpikir yang lain, namun belum sepenuhnya mampu menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dimana pemikir sekuensial abstrak tidak mampu memberikan alasan terhadap solusi yang diperoleh dari soal. Siswa dengan gaya berpikir acak konkret (AK) juga tidak memenuhi semua indikator penalaran, mereka hanya mampu menyajikan pernyataan matematika dan menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisa situasi matematika. Sedangkan siswa dengan gaya berpikir acak abstrak (AA) hanya mampu menyajikan pernyataan matematika.
Kata Kunci: Gaya berpikir, Kemampuan penalaran matematis, Trigonometri.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Merlin Jeny Lengga - Personal Name
|
Student ID |
2001030016
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Damianus Dao Samo,M.Pd - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur,M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yohanes Hariaman Nada,M.Pd - 199208102022031005 - Ketua Penguji
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 1 Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Len A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |