Skripsi
Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Menganyam Orang Mollo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen 1 Mollo Utara Pada Materi Pola Bilangan
XMLPermasalahan yang mendasari penelitian ini adalah model pembelajaran yang lebih cenderung bersifat menggunakan rumus dan kurang menghubungkannya dengan aktivitas sehari-hari siswa yang terjadi di kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika menganyam orang Mollo untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara pada materi pola bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis & McTaggrat, dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu : Perencanaan (planning), Pelaksanaan Tindakan (action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Matematika Realistik berbasis etnomatematika menganyam Orang Mollo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara pada materi pola bilangan. Hal ini dibuktikan dengan presentase belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 60% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,67%. Oleh karena itu, saran bagi guru-guru di Mollo Utara untuk menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran di kelas.
kata kunci : Budaya menganyam, Pendidikan matematika realistik, Pola bilangan, Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Milen Christye Sabneno - Personal Name
|
Student ID |
1801030077
|
Dosen Pembimbing |
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Imelda H. E. Rimo - 19890603 202321 2 044 - Ketua Penguji Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Sab P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |