PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDI BERTINGKAT OEBA 5 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDI BERTINGKAT OEBA 5 KOTA KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media papan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika meteri pecahan pada siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Oeba 5 kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media papan pecahan pada siswa kelas IV SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil observasi guru pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,49%. Kemudian hasil observasi aitivitas peserta
didik pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,46%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata
kelas 61,48% dan pada siklus II menjadi 80,43% dengan presentase ketuntasan 91,43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media papan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Papan Pecahan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140045
Dosen Pembimbing
Dr Damianus Dao Samo - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hid P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA