Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDI BERTINGKAT OEBA 5 KOTA KUPANG
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media papan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika meteri pecahan pada siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Oeba 5 kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media papan pecahan pada siswa kelas IV SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil observasi guru pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,49%. Kemudian hasil observasi aitivitas peserta
didik pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,46%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata
kelas 61,48% dan pada siklus II menjadi 80,43% dengan presentase ketuntasan 91,43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media papan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Papan Pecahan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ALIFAH RIZKILLAH HIDAYATI - Personal Name
|
Student ID |
2001140045
|
Dosen Pembimbing |
Dr Damianus Dao Samo - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Hid P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |