Skripsi
DESAIN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 AMARASI SELATAN-SATAP
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum merdeka yang belum diimplementasikan secara optimal pada jenjang pendidikan, salah satunya di SMP Negeri 3 Amarasi Selatan-Satap. Menanggapi hal tersebut, peneliti berharap dapat menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi sebagai bagian dari kurikulum merdeka khususnya pada materi pola bilangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu Preparing for the Experiment, The Design Experiment dan The Retrospective Analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis (asesmen diagnostik dan asesmen formatif), wawancara dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang diperoleh dari observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari hasil asesmen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran berdiferensiasi efektif diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan presentasi ketuntasan klasikal lebih dari 80%.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yunriana Tneh - Personal Name
|
Student ID |
2001030058
|
Dosen Pembimbing |
Christine K Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Christine K. Ekowati - 19640917199003012001 - Penguji 1 Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Tne D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |