PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI NENAS MELALUI PENGIMPLEMENTASIKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI NENAS MELALUI PENGIMPLEMENTASIKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatan kemampuan berbicara SD kelas V (studi kasus SD Negeri Nenas Tahun Pelajaran 2024/2025. Adapun tujuan dalam penelitian ini berikut untuk menguji penerapan metode Cooperative Learning untuk meningkatan kemampuan berbicara SD kelas V (studi kasus SD Negeri Nenas Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Nenas, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Nenas. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, tes kemampuan berbicara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketrampilan berbicara siswa dengan Metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian rata-rata ix ketuntasan belajar satu kelas yaitu dari siklus I dan siklus II, yang mana siklusI =48% dikarenakan sebagian besar belum mencapai skor maximum dan masih dibawah KKM, sedangkan pada pada siklus II= 88% di karenakan ada peningkatan yang signifikan setelah penerapan metode Coopretive Learning Tipe Think Pair Share dan seluruh mancapai skor di atas 75. Peningkatan kemampuan berbicara dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara.
Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berbiacra siswa dikatakan sangat bermanfaat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Freedy Yeremia Ollin - Personal Name
Student ID
2001140066
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 lin P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA