Skripsi
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI MIPA SMA NEGERI BENLUTU
XMLMedia pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika, di SMA Negeri Benlutu khususnya di kelas XI masing kurang, dimana guru hanya menggunakan whatsapp grup untuk mengirimkan file materi dalam bentuk .pdf untuk dipelajari oleh peserta didik secara mandiri. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interkatif untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep matematika pada materi transformasi geometri kelas XI MIPA SMA Negeri Benlutu yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, pengisian lembar angkat, dan tes pemahaman konsep. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitataif.Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi ThransForMath yang telah dikembangkan, memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yaitu valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid diperoleh dari rata-rata total kevalidan oleh ke tiga ahli materi dan media, yaitu sebesar 4,7 sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Untuk kriteria praktis diperoleh dari rata-rata total kepraktisan dari peserta didik kelas kecil dan kelas besar, secara berturut-turut adalah 4,74 dan 4,83 sehingga media pembelajaran termasuk kategori “praktis”. Sementara itu, kriteria efektif diperoleh dari hasil tes pemahaman konsep peserta didik, pada uji coba kelas kecil dan kelas besar secara berturut-turut sebesar, 100% dan 88% sehingga dinyatakan “efektif”.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, Pemahaman Konsep Matematika, Pengembangan, Transformasi Geometri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Juldini Trinasti Ta'eko - Personal Name
|
Student ID |
2001030068
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Damianus D Samo, M.Pd - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska Atrik Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2 Irna Karlina Sensiana Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 3 |
Penguji |
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Penguji 1 Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Tae P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |