PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI MIPA SMA NEGERI BENLUTU

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI MIPA SMA NEGERI BENLUTU

XML

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika, di SMA Negeri Benlutu khususnya di kelas XI masing kurang, dimana guru hanya menggunakan whatsapp grup untuk mengirimkan file materi dalam bentuk .pdf untuk dipelajari oleh peserta didik secara mandiri. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interkatif untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep matematika pada materi transformasi geometri kelas XI MIPA SMA Negeri Benlutu yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, pengisian lembar angkat, dan tes pemahaman konsep. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitataif.Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi ThransForMath yang telah dikembangkan, memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yaitu valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid diperoleh dari rata-rata total kevalidan oleh ke tiga ahli materi dan media, yaitu sebesar 4,7 sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Untuk kriteria praktis diperoleh dari rata-rata total kepraktisan dari peserta didik kelas kecil dan kelas besar, secara berturut-turut adalah 4,74 dan 4,83 sehingga media pembelajaran termasuk kategori “praktis”. Sementara itu, kriteria efektif diperoleh dari hasil tes pemahaman konsep peserta didik, pada uji coba kelas kecil dan kelas besar secara berturut-turut sebesar, 100% dan 88% sehingga dinyatakan “efektif”.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, Pemahaman Konsep Matematika, Pengembangan, Transformasi Geometri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Juldini Trinasti Ta'eko - Personal Name
Student ID
2001030068
Dosen Pembimbing
Dr. Damianus D Samo, M.Pd - 19831231 201212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska Atrik Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2
Irna Karlina Sensiana Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Penguji 1
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Tae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA