Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BERBAGAI KELOMPOK SOSIAL DI KELAS IV UPTD SD INPRES OEPURA 1
XMLRumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana penggunaan model problem based learning melalui media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran berbagai kelompok sosialdi kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1?. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar penggunaan model problem based learning melalui media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran berbagai kelompok sosia di kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kulitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian yang berjumalah 24 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan.
Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Inpres Oepura 1 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 24 peserta didik yang tuntas 9 orang
(37,5%) tuntas karena memahami materi yang disampaikan, dan mengerjakan soal tes yang diberikan dengan benar. Sedangakn yang tidak tuntas 15 orang (62,5%) tidak tuntas karena tidak meperhatikan penjelasan guru sehingga tidak mampu mengerjakan soal tes yang diberikan.Kelebihan dan kekurangan guru adalah guru menyampaikan materi dengan jelas, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang di sampaikan dan guru tidak membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi. Kelebihan dan kekurangan peserta didik adalah peserta didik memperhatikan penjelajasan guru tentanga materi tersebut dan peserta didik tidak mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 24 peserta didik yang tunta 23 orang (95,83%) tuntas kerena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dengan kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan soal tes dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model pembelajaran problem Based Learning Melalui Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Berbagai Kelompok Sosial Di Kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kelompok Sosial, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lidia O.Y Bien - Personal Name
|
Student ID |
2001140151
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Yosephina Katarina Sogen - 19780422 200604 2 002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Johanes G Sogen - 196006171987021001 - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bie P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |