PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BERBAGAI KELOMPOK SOSIAL DI KELAS IV UPTD SD INPRES OEPURA 1

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BERBAGAI KELOMPOK SOSIAL DI KELAS IV UPTD SD INPRES OEPURA 1

XML

Rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana penggunaan model problem based learning melalui media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran berbagai kelompok sosialdi kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1?. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar penggunaan model problem based learning melalui media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran berbagai kelompok sosia di kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kulitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian yang berjumalah 24 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan.
Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Inpres Oepura 1 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 24 peserta didik yang tuntas 9 orang
(37,5%) tuntas karena memahami materi yang disampaikan, dan mengerjakan soal tes yang diberikan dengan benar. Sedangakn yang tidak tuntas 15 orang (62,5%) tidak tuntas karena tidak meperhatikan penjelasan guru sehingga tidak mampu mengerjakan soal tes yang diberikan.Kelebihan dan kekurangan guru adalah guru menyampaikan materi dengan jelas, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang di sampaikan dan guru tidak membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi. Kelebihan dan kekurangan peserta didik adalah peserta didik memperhatikan penjelajasan guru tentanga materi tersebut dan peserta didik tidak mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 24 peserta didik yang tunta 23 orang (95,83%) tuntas kerena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dengan kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan soal tes dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model pembelajaran problem Based Learning Melalui Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Berbagai Kelompok Sosial Di Kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kelompok Sosial, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lidia O.Y Bien - Personal Name
Student ID
2001140151
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Yosephina Katarina Sogen - 19780422 200604 2 002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Johanes G Sogen - 196006171987021001 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bie P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA