IMPLEMENTASI MODEL ARTIKULASI UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATERI HASIL – HASIL BUDAYA ZAMAN PRAAKSARA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA BAGI SISWA KELAS X KJIJ 1 DI SMK N 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI MODEL ARTIKULASI UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATERI HASIL – HASIL BUDAYA ZAMAN PRAAKSARA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA BAGI SISWA KELAS X KJIJ 1 DI SMK N 2 KUPANG

XML

Penelitian dengan judul Implementasi Model Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Materi Hasil – Hasil Budaya Zaman Praaksara Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Bagi Siswa Kelas X KJIJ 1diSMKN2Kupang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana peningkatan hasil belajar Sejarah Indonesia pada Hasil – Hasil Budaya Zaman Praaksara dengan menggunakan model artikulasi. Tujuan dalam penelitian iniadalahuntuk meningkatkan hasil belajar sejarah Indonesia pada materi Hasil –Hasil Budaya Zaman Praksara dengan menggunakan model artikulasi pada siswa kelas X KJIJ 1 SMK Negeri 2 Kupang. Metode Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Lokasi dalam penelitian ini pada SMK Negeri 2 Kupang dengan titik fokus
penelitian pada kelas X KJIJ 1 serta subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis nilai siswa sebelum penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar sebelum penelitian menerapkan model pembelajaran artikulasi dari 35 siswa terdapat 15 siswa yang nilai tuntas atau mencapai KKTP dengan presentase (42,85%). Sedangkan 20 siswa belum mencapai standar KKTP dengan persentase (57,14 %). Test siklus I terdapat 20 siswa yang nilai tuntas atau KKTP dengan presentase (57,14 %) sedangkan 15 siswa yang belum tuntas atau belum mencapai standar KKTP dengan persentase (42,85%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi apabila nilai 80% atau lebih dari jumlah siswa kelas X KJIJ1 SMK Negeri 2 Kupang telah tuntas atau mencapai KKTP >75. Dari hasil refleksi pada siklus I ketuntasan belajar belum tercapai sehingga, peneliti melanjutkan ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui dari 35 siswa yang mengikuti evaluasi tes, semua siswa tuntas atau mencapai KKTP dengan presentase (100%). Dari Hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran artikulasi berhasil menigkatkan hasil belajar siswa kelas X KJIJ 1 SMK Negeri 2 Kupang .
Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar, Sejarah Indonesia


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Wahyudi Tri Saputra Rini - Personal Name
Student ID
1901090066
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo S. Utomo S.Pd, M.Pd - 198906242014041001 - Ketua Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Rin I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA