Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES OEPURA 2 KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran komik pada materi Bentang alam Indonesia dan orang orang yang tinggal disana kelas IV SD Inpres Oepura 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan model (R&D) yaitu 1) potensi dan masalah terdiri dari masalah yang dilihat pada sekolah yang terlibat, 2) mengumpulka informasi yaitu analisis kebutuhan, (3) desain produk, desain produk yaitu membuat produk menggunakan aplikasi Canva, (4) validasi yaitu divalidasi oleh para validator ahli media dan ahli media, serta Guru kelas IV, (5) revisi desain yaitu terdiri dari saran dan masukan dari para validator dan Guru, (6) uji coba produk yaitu melibatkan peserta didik untuk menggunakan produk, (7) revisi produk yaitu mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil validasi media komik memperoleh nilai oleh ahli materi dan ahli media adalah 90,9 %, sedangkan hasil dari peserta didik dan Guru kelas adalah 90,0 % dan 90,9 %. Sehingga media komik dapat disimpulkan bahwa sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Komik, Pengembangan media pembelajaran, Produk.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Theresia Bari - Personal Name
|
Student ID |
1901140109
|
Dosen Pembimbing |
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Hiwa Wonda, S.Pd, M.Pd - 19620123 198803 1 001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N Adoe - 19841130 202321 2 026 - Penguji 1 Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bar P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |