Skripsi
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI DESMOS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMA NEGERI 2 KUPANG
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI 1 SMA Negeri 2 Kupang pada materi fungsi komposisi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Desmos dalam meningkatkan prestasi siswa pada materi fungsi komposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, dengan instrumen berupa lembar observasi guru dan siswa serta soal tes. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu: 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observation); dan 4) Refleksi (reflection).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 62,5 meningkat menjadi 71,175 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat yaitu pada siklus I 55% dan siklus II menjadi 75%. Keterlaksanaan data skor aktivitas guru meningkat dari 90,97% di siklus I menjadi 93,75% di siklus II. Sementara aktivitas siswa juga meningkat dari 74,52% di siklus I menjadi 88,11% di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi fungsi komposisi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Fungsi Komposisi, Aplikasi Desmos.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Geraldus De Avelino Tulis Junior - Personal Name
|
Student ID |
2001030066
|
Dosen Pembimbing |
Ch. Krisnandari Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Ch. Krisnandari Ekowati - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 1 Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Jun P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |