PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI DESMOS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMA NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI DESMOS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMA NEGERI 2 KUPANG

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI 1 SMA Negeri 2 Kupang pada materi fungsi komposisi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Desmos dalam meningkatkan prestasi siswa pada materi fungsi komposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, dengan instrumen berupa lembar observasi guru dan siswa serta soal tes. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu: 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observation); dan 4) Refleksi (reflection).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 62,5 meningkat menjadi 71,175 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat yaitu pada siklus I 55% dan siklus II menjadi 75%. Keterlaksanaan data skor aktivitas guru meningkat dari 90,97% di siklus I menjadi 93,75% di siklus II. Sementara aktivitas siswa juga meningkat dari 74,52% di siklus I menjadi 88,11% di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi fungsi komposisi.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Fungsi Komposisi, Aplikasi Desmos.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001030066
Dosen Pembimbing
Ch. Krisnandari Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ch. Krisnandari Ekowati - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 1
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Jun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA