PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AKL PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 6 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AKL PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 6 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Akl Pada Mata Pelajaran PPkn Di SMK Negeri 6 Kupang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian dan desain penelitian Quasy Experimental Design atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek peneltian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk responden penelitian ini adalah siswa kelas X AKL1dan X AKL2 SMK Negeri 6 Kupang. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh berupa nilai pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan SPSS version 29 untuk melihat uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji t.Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, pada uji normalitas (uji kolmogorov-Smirnov) pada kelas eksperimen yaitu nilai sig 0.200 dan 0.112 sedangkan kelas kontrol 0.200 dan 0.200, dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas dari kedua kelas tersebut memiliki nilai sig>0.05, maka data tersebut berdistribusinormal. Kedua, Uji homogenitas untuk kedua kelas, diperoleh nilai 0.353>0.05 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada, pada uji homogenitas data tersebut berdistribusi homogen (sama). Ketiga, uji-t dengan menggunakan rumus uji independent sampel t-test maka diperoleh nilai t=6.374 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 maka dapat simpulkan bahwa menunjukan pengaruh yang signifikan pada penerapan model Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X AKL 2 Pada Mata Pelajaran PPkn Di SMK Negeri 6 Kupang.

KataKunci: mediawordwall,HasilBelajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JUMIATI TAMONOB - Personal Name
Student ID
2001070059
Dosen Pembimbing
Prof.Dr. Drs. Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Dosen Pembimbing 1
FREDIK L. KOLLO, S.Pd.,M.Pd - 19920208 2022 1 009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi D. S. Bani,S.Pd., M.Si - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Prof.Dr. Drs. Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Penguji 1
Fredik L. Kollo, S.Pd., M.Pd - 19920208 202203 1 009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pencasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
87205 JUM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA