PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD INPRES OETETE 2 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD INPRES OETETE 2 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oetete 2 Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 26 peserta didik yang tuntas 12 orang (46,15%) karena peserta didik selalu aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru, peserta didik bekerja sama dalam kelompok saat menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 14 orang (53,84%) karena peserta didik kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, kurang bekerja sama dengan teman kelompok saat menyelesaikan LKPD, suka bercerita dan bermain saat pembelajaran berlangsung dan belum mampu menyesaikan soal tes dengan benar. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 26 peserta didik yang tuntas 24 orang (92,30%) karena peserta didik lebih aktif, konsentrasi dan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, bekerja sama dalam kelompok saat menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan 2 orang peserta didik yang tidak tuntas (7,69%) akan diberikan pengaayaan oleh guru wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sudah baik. Oleh karena itu penggunaan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Inpres Oetete 2 Kota Kupang.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Perubahan Wujud Benda, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Merci Hodia Mba’do - Personal Name
Student ID
2001140159
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mba P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA