PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 1 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 bulan Mei-Juni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII Di SMPN 1 kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, aktivitas guru, observasi keterampilan berpikir kritis siswa, data pre test dan post test, serta data penilaian produk peserta didk. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa data observasi keterampilan berpikir kritis siswa yang di peroleh pada siklus I mempunyai skor 634 dengan prsentase 61.90% kategori cukup kritis mengalami peningkatan pada siklus II yaitu jumlah skor 886 dengan presentase 86,53% kategori sangat kritis. Hasil observasi guru Aktivitas guru pada siklus I rata-rata skor 52,50 dengan presentase 82% kategori terlaksana meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 61,00 dengan presentase 95%. Kategori sangat terlaksana. Pada data hasil post test dan pre test siklus I diperoleh rata-rata 66 presentase 38% kategori kurang, mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata 86 presentase 91% kategori sangat baik dan kualifikasi tuntas. Sementara untuk hasil penilaian produk siklus I rata-rata 3,52 presentase 74,87% kategori baik meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 4 prsentase 95,87% kategori sangat baik dan kualifikasi berhasil. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbasis alat peraga sistem pernapasan pada manusia meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Aktifitas Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
2001040059
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Kap P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA