Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMKN 7 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2024-2025
XMLKecerdasan emosional yang baik dimana siswa dapat menyikapi tugas yang dihadapinya dengan baik, serta mampu mengelola ide pikiran dan mengimplementasikan kreativitasnya, sehingga meningkatkan kinerja praktek kerja lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kecerdasan emosional (2) Gambaran kinerja siswa dan (3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja praktik kerja lapangan pada siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN 7 Kupang tahun pelajaran 2024-2025.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XII teknik komputer dan jaringan (TKJ) sebanyak 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket, yakni angket kecerdasan emosional (42 item) dan angket kinerja (33 item), dengan skala yang digunaka berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan emosional berada pada kategori sedang sebesar , dan kinerja siswa berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana antara variabel kecerdasan emosional dan kinerja diperoleh.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan gambaran kecerdasan emosional dan kinerja siswa berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja praktek kerja lapangan pada siswa kelas XII TKJ sebesar 14,6%, sisanya sebanyak 85,4% dipengaruhi oleh faktor/variabel lain. Oleh karena itu, siswa penting memperhatikan kecerdasan emosional ketika melakukan praktik kerja lapangan untuk memperoleh hasil kinerja yang diharapkan di tempat PKL.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja, Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurhijrah Latifah Janah - Personal Name
|
Student ID |
2001160068
|
Dosen Pembimbing |
Lolang Maria Masi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Paulinus A. S. Uda, M.Pd - 8966830022 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Ketua Penguji
Paulinus A. S. Uda - - - Penguji 1 Putu Agus Indrawan, S. Pd., M. Pd - 198909302018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 Jan N
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |