PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMKN 7 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMKN 7 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2024-2025

XML

Kecerdasan emosional yang baik dimana siswa dapat menyikapi tugas yang dihadapinya dengan baik, serta mampu mengelola ide pikiran dan mengimplementasikan kreativitasnya, sehingga meningkatkan kinerja praktek kerja lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kecerdasan emosional (2) Gambaran kinerja siswa dan (3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja praktik kerja lapangan pada siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN 7 Kupang tahun pelajaran 2024-2025.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XII teknik komputer dan jaringan (TKJ) sebanyak 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket, yakni angket kecerdasan emosional (42 item) dan angket kinerja (33 item), dengan skala yang digunaka berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan emosional berada pada kategori sedang sebesar , dan kinerja siswa berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana antara variabel kecerdasan emosional dan kinerja diperoleh.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan gambaran kecerdasan emosional dan kinerja siswa berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja praktek kerja lapangan pada siswa kelas XII TKJ sebesar 14,6%, sisanya sebanyak 85,4% dipengaruhi oleh faktor/variabel lain. Oleh karena itu, siswa penting memperhatikan kecerdasan emosional ketika melakukan praktik kerja lapangan untuk memperoleh hasil kinerja yang diharapkan di tempat PKL.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja, Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nurhijrah Latifah Janah - Personal Name
Student ID
2001160068
Dosen Pembimbing
Lolang Maria Masi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Paulinus A. S. Uda, M.Pd - 8966830022 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Ketua Penguji
Paulinus A. S. Uda - - - Penguji 1
Putu Agus Indrawan, S. Pd., M. Pd - 198909302018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Jan N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA