PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI FUNGSI LINEAR PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI FUNGSI LINEAR PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman
konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika juga pola pembelajaran satu
arah yang masih digunakan oleh pengajar. Hasil pra penelitian, didapatkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep Peserta didik UPTD SMP Negeri 20 Kota Kupang
kelas VIII pada materi fungsi linear masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan
penelitian ini meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas
VIII E UPTD SMP Negeri 20 Kota Kupang dengan menerapkan model
pembelajaran inquiry berbantuan video animasi pada materi fungsi linear. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus,
dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan aitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan,
3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi,
tes, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa persentase kemampuan pemahaman konsep peserta
didik kategori kurang sebesar 48% pada siklus 1 meningkat menjadi 86% pada
siklus 2 dari 21 banyaknya hasil tes peserta didik yang dianalisis. Penerapan model
pembelajaran dan media ini juga meningkatkan skor aktivitas peserta didik sebesar
89,29% pada siklus I meningkat menjadi 95,24% pada siklus II dan skor aktivitas
guru meningkat dari 86,9% menjadi 96,43% pada siklus II. Dengan demikian,
penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan video animasi dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII E UPTD
SMP Negeri 20 Kota Kupang pada materi fungsi linear.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elsa Evelyn Nubatonis - Personal Name
Student ID
2001030030
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imelda H. E. Rimo - 19890603 202321 2 044 - Ketua Penguji
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Penguji 1
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nub P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA