Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Menggunakan E-Modul Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari Pada Siswa Kelas VIII A SMP N 9 Kupang Timur
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan e-modul pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Kupang Timur tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terjadi dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah subjek penelitian adalah 32 orang siswa. Adapun data yang dikumpulkan berupa hasil observasi aktivitas siswa, dan hasil tes literasi sains siswa berupa soal essay.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan literasi sains siswa. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian pada indikator literasi sains mendefinisikan memperoleh presentase 93,1% pada siklus I dan meningkat menjadi 95,9% pada siklus II. Indikator mengidentifikasi memperoleh presentase 95,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 98,7% pada siklus II. Indikator menjelaskan memperoleh presentase 66,95% pada siklus I dan meningkat menjadi 74,7% pada siklus II. Indikator menghubungkan konsep memperoleh presentase 53,13% pada siklus I dan meningkat menjadi 72,27% pada siklus
II. Indikator menerapkan rumus memperoleh presentase 52,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 60,48% pada siklus II. Indikator menarik kesimpulan memperoleh presentase 42,05% dan meningkat menjadi 54,7% pada siklus II. Rata-rata presentase pada semua indikator literasi sains adalah 61,87% pada siklus I dan meningkat menjadi 71,31% pada siklus II. Selain itu, ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I terdapat 13 siswa yang tuntas dengan presentase 40,63%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa yang tuntas dengan presentase 78,1%. Sementara itu, hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 58,3% pada siklus I meningkat menjadi 95,83% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan e-modul dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Kupang Timur.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, E-modul.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
IKESLY PINTAONI MODOK - Personal Name
|
Student ID |
2101050085
|
Dosen Pembimbing |
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo - 199304182024212054 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1 Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 MOD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |