Skripsi
Pengaruh Model Inkuiri Tehadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Energi Dan Perubahannya Pada Kelas IV SD Negeri Manefu Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Manefu Kabupaten Kupang dengan teknik pengumpulan data yaitu : teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik tes soal dan pembagian kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random dengan jumlah responden sebanyak 19 peserta didik dimana kelas eksperimen 9 siswa dan kelas kontrol 10 siswa. Uji intrumen hasil belajar soal tes berbentuk pilihan ganda yang diuji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian ini menggunakan uji hipotesis dimana dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-test. pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig-(2-tailed) sebesar 0.001<0,05, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa.Dan uji hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung>t tabel yaitu t hitung =1.170 dan t tabel sebesar 0.456. jadi dapat disimpulan bahwa teerdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci :Model Inkuiri, Hasil Belajar, dan SD Negeri Manefu Kabupaten Kupang.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Jemy Thimotius Wadu Haba - Personal Name
|
Student ID |
1601140253
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 HAB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |