Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING DENGAN MEDIA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AJAR RANGKAIAN PARALEL KELAS IX SMP NEGERI 3 KUPANG
XMLPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Media Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Rangkaian Paralel Kelas IX SMP Negeri 3 Kupang”. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang tergolong sangat rendah, di karenakan peserta didik cenderung bosan dalam pembelajaran khususnya Ipa Fisika, peserta didik beranggapan bahwa materi Fisika sulit kerena banyaknya rumus sehingga susah untuk diingat, sehingga pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik acuh- tak acuh dengan pembelajaran, kemudian peserta didik membuat berbagai alasan untuk bisa keluar dari kelas. Tujuan penelitian I ni adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunkan simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ajar rangkaian paralel. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan yaitu Lembar Validasi Soal. Validasi soal dinilai oleh 1 Dosen ahli (Validator). Hasil penelitian ini terdapat peningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif terlihat dari hasil yang diperoleh yaitu 84%. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang diterapakn berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Inquiri Terbimbing, Media Simulasi PhET, PTK.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lili Merciana Lau - Personal Name
|
Student ID |
2001050030
|
Dosen Pembimbing |
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Dosen Pembimbing 1
YUSNIATI H MUH YUSUF - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Lau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |