Skripsi
Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV UPTD SD Inpres RSS Oesapa
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi daur hidup hewan di kelas IV sekolah dasar. Melalui pendekatan ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi, serta menjadi lebih kreatif. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan desain pretest-posttest pada dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata post-test mencapai 83.75% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 60.00%. Model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi daur hidup hewan di kelas IV.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), daur hidup hewan, hasil belajar, pendidikan dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Agatha Clarista Febriani Wona Wollo - Personal Name
|
Student ID |
2001140042
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tha E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |