KETERWAKILAN ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN DI DPRD KABUPATEN SUMBA TENGAH TAHUN 2019 (Studi Kasus Tidak Adanya Anggota Legislatif Perempuan Di DPRD Kabupaten Sumba Tengah)

Detail Cantuman

Skripsi

KETERWAKILAN ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN DI DPRD KABUPATEN SUMBA TENGAH TAHUN 2019 (Studi Kasus Tidak Adanya Anggota Legislatif Perempuan Di DPRD Kabupaten Sumba Tengah)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterwakilan anggota legislatif di DPRD kabupaten sumba tengah tahun 2019 studi kasus tidak adanya anggota legislatif perempuan di DPRD kabupaten sumba tengah. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan menggunakan dasar penelitian Deskriptif analisis. Adapun teori yang digunakan berdasarkan pada pandangan Marwah Daud Ibrahim, tentang hambatan mendasar dalam berpolitik, Yaitu; hambatan sosial budaya, hambatan sikap pandang dan hambatan historis. Berdasarkan pada analisis hasil penelitian ditemukan bahwa hambatan tidak ada-Nya anggota legislatif perempuan Di DPRD Kabupaten Sumba Tengah adalah hambatan sosial budaya yang terutama berkaitan dengan budaya patriarki di Kabupaten Sumba Tengah, berkaitan dengan keridak seriusan perempuan untuk menjadi calon legislatif, , serta kurangnya sumber daya ekonomi calon perempuan khususnya uang sebagai dana untuk kampanye. Dan hambatan ketiga adalah sikap pandang juga sangat berperan terhadap tidak ada-Nya keterwakilan perempuan hal ini juga yang merupakan tekanan bagi perempuan dimana suami demi menjaga gengsi sang istri tidak di perkenankan untuk bekerja. Hambatan keempat adalah rendanya peran partai politik dalam kaitanya untuk menciptakan dan merekrut kader yang berkualitan. Kerterlibatan partai hanya ada pada saat menjelang pemilihan, fungsi rekrutmen dan pendidikan politik belum dijalankan sebaik mungkin, sehingga imbasnya pada pencalonan perempuan hanya untuk pemenuhan kuota 30%, sebagai syarat administrasi partai politik untuk ikut pemelihan umum.
Kata kunci : Pemilihan Legislatif, Keterwakilan, Perempuan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Wincen U.M Pali Osa - Personal Name
Student ID
1603040095
Dosen Pembimbing
Rouland A Benyamin - 882742419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rouland A Benyamin - 882742419 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 OSA K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA