Komunikasi Persuasif KPU Kota Kupang dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Mengenai Pemilu 2024

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Persuasif KPU Kota Kupang dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Mengenai Pemilu 2024

XML

Kemampuan praktik persuasi sering dilaksanakan menjelang pesta demokrasi. Kegiatan pemilihan umum (Pemilu) merupakan salah satu kegiatan politik yang paling banyak menarik perhatian dan keterlibatan masyarakat sehingga pemilu menjadi momen pendidikan politik yang sangat penting dalam rangka mendewasakan warga negara. Agar pemilu benar-benar menghasilkan pemerintahan yang demokratis, maka pemilu sudah seharusnya diselenggarakan oleh suatu lembaga negara yang independen dan tidak memihak. Peran KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia harus selalu berpegang pada peraturan perundang-undangan yang ada, kode etik dan tata tertib KPU. Penelitian ini menggunakan teori pemrosesan informasi McGuire dengan tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi persuasif KPU kota Kupang dalam membangun kesadaran masyarakat mengenai Pemilu 2024 dengan menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. komunikasi persuasif KPU Kota Kupang dalam membangun kesadaran masyarakat mengenai Pemilu 2024 yakni pertama, melakukan sosialisasi tatap muka dan non tatap muka melalui media sosial. Kedua, melakukan kerja sama dengan pemerintah, lembaga kemasyarakatan, organisasi dan komunitas dengan harapan mampu meningkatkan penyebaran informasi sehingga masyarakat mengetahui informasi seputar pemilu sehingga partisipasi masyarakat meningkat. Upaya mengatasi tantangan/hambatan komunikasi persuasif KPU Kota Kupang dalam membangun kesadaran masyarakat mengenai Pemilu 2024 yakni melakukan pendekatan secara budaya dan perbanyak mengunggah konten di media sosial. Pendekatan secara budaya bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa daerah atau bahasa lokal atau bahasa keakraban pada saat melakukan sosialisasi untuk menarik minat masyarakat. Misalnya dengan menyapa masyarakat menggunakan bahasa daerah setempat lebih membuat masyarakat merasa lebih dekat atau lebih akrab dengan pemerintah.

Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Informasi, Pemilu, KPU.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003050158
Dosen Pembimbing
Mariana A.N Letuna, S.Sos, MA - 19840818 200912 2 002 - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mariana A.N Letuna, S.Sos, MA - 19840818 200912 2 002 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati, S.Si., M.I.K - 8809023419 - Penguji 1
Silvania S.E Mandaru, S.Sos.,M.Comn - 19840106 201404 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Bao K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA