Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENTANG BAGAIMANA KITA HIDUP DAN BERTUMBUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V UPTD SD INPRES OEPURA I KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini diadakan di UPTD SD Inpres Oepura 1 dengan hasil penelitian menunjulan bahwa pada siklus I dari 17 siswa yang tuntas 5 orang (29,41%) tuntas karena aktif dalam proses pembelajaran, memahami materi yang disampaikan, bekerja sama dalam kelompok dan mengerjakan soal evaluasi yang diberikan dengan benar. Selanjutnya yang tidak tuntas 12 orang (70,41%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru bermain dan bercerita saat pembelajaran berlangsung kurang aktif dalam diskusi kelompok dan tidak mampu mengerjakan hasil tes yang diberikan. Selajutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 17 siswa yang tuntas 16 siswa (82,94%) tuntas karena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan hasil tes dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media audio visual pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SD Inpres Oepura 1kota Kupang.
Kata Kunci : Model problem based learning media audio visual hidup dan bertumuh hasil belajar.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Alfe N. Boiyani - Personal Name
|
Student ID |
2001140022
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Boi P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |