PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUMBER DAN BENTUK ENERGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD GMIT 1 OESAO KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUMBER DAN BENTUK ENERGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD GMIT 1 OESAO KABUPATEN KUPANG

XML

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas III SD GMIT 1 Oesao yang berjumlah 28 siswa terdiri dari laki-laki 17 orang dan perempuan 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pretest. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58 dengan kategori kurang, terdapat 12 siswa (43%) yang tuntas pada siklus tersebut sedangkan 16 siswa (57%) yang belum tuntas. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80 dengan kategori baik sekali, terdapat 24 siswa (86%) yang sudah mencapai KKM atau tuntas dan 4 siswa (14%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber dan bentuk energi.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sumber Dan Bentuk Energi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Retno Widyawati Koly - Personal Name
Student ID
2001140167
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA