Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUMBER DAN BENTUK ENERGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD GMIT 1 OESAO KABUPATEN KUPANG
XMLJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas III SD GMIT 1 Oesao yang berjumlah 28 siswa terdiri dari laki-laki 17 orang dan perempuan 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pretest. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58 dengan kategori kurang, terdapat 12 siswa (43%) yang tuntas pada siklus tersebut sedangkan 16 siswa (57%) yang belum tuntas. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80 dengan kategori baik sekali, terdapat 24 siswa (86%) yang sudah mencapai KKM atau tuntas dan 4 siswa (14%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber dan bentuk energi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sumber Dan Bentuk Energi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Retno Widyawati Koly - Personal Name
|
Student ID |
2001140167
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kol P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |