PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES OEBA 2 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES OEBA 2 KOTA KUPANG

XML

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar IPA tentang bagian tubh tumbuhan siswa kelas IV SD Inpres Oeba 2 dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning melalui empat tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes, refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitiannya yaitu Siswa kelas IV SD Inpres Oeba 2 dengan jumlah 22 orang terdiri dari 6 lakilaki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 22 orang yang tuntas 12 orang dengan persentase ketuntasan 66,7% sedangkan siswa yang tidak tuntas 10 orang dengan presentase ketuntasan 33,3%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 20 orang dengan persentase 93,3% sedangkan siswa yang tidak tuntas 2 orang dengan presentasi ketuntasan 6,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, pembelajaran IPA tentang Bagian Tubuh Tumbuhan melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 93,3% dengan demikian penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berhasil.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901140137
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARKUS SAMPE - - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sul P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA