KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA PADA PEMBANGUNAN TAMBAK GARAM (Studi Tentang Kesejehteraan Masyarakat Pesisir Di Desa Wendewa Barat Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah)

Detail Cantuman

Skripsi

KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA PADA PEMBANGUNAN TAMBAK GARAM (Studi Tentang Kesejehteraan Masyarakat Pesisir Di Desa Wendewa Barat Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah)

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kebijakan pemerintah Desa pada pembangunan tambak garam dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Desa Wendewa Barat, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian terdiri atas Pemerintah Desa Wendewa Barat, ketua BumDes, Tokoh masyarakat, kelompok tani garam dan tokoh pemuda. yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pembangunan tambak garam tersebut merupakan kerja sama antara pemerintah Desa Wendewa Barat dan Pemerintah Daerah kabupaten Sumba Tengah berdasarkan kesepakatan bersama dengan masyarakat. Pembangunan tambak garam tersebut atas dasar faktor pendukung seperti keberadaan tempat atau wilaya yang strategis, membantu pendapatan ekonomi rumah tangga dan mengatasi pengangguran, dan pembangunan tambak garam yang berkelanjutan. Tamabak garam tersebut sudah mendapatkan penghasilan namun masih mengalami kemunduran karena adanya faktor penghambat seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia dalam menggunakan teknologi geomembram, minimnya sarana dan prasarana, serta kondisi iklim yang tidak mendukung. Hal ini menyebabkan kesejahteraan masyarakat Desa Wendewa Barat belum tercapai.
Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu agar pemerintah Desa Wendewa Barat mendatangkan tim ahli yang mampu menjalanakan alat teknologi tersebut agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat. Pemerintih Desa juga harus segera menyediakan sarana dan prasarana pendukung serta dibutuhkan insiatif masyarakat petani garam untuk mempelajari mandiri cara pengguanaan alat-alat yang digunakan dalam pengelolaan tambak garam yang tersedia.
Kata Kunci: Kebijakan Tambak Garam Untuk Kesejahteraan Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Penulis
Gusti Giku Laya - Personal Name
Student ID
1603040115
Dosen Pembimbing
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 1
SYAHRIN BADRIN KAMAHI - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Ketua Penguji
SYAHRIN BADRIN KAMAHI - - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 LAY K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA