PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD INPRES LAKAT KABUPATEN TTS

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD INPRES LAKAT KABUPATEN TTS

XML

Skripsi oleh Graciane Florentine Barung. NIM: 1601140006. Tahun 2021 PGSD. Dengan judul: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD Inpres Lakat, Kab. TTS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD Inpres Lakat, Kab. TTS? Dengan tujuan penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD Inpres Lakat, Kab. TTS. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakaan yakni analisis data hasil observasi dan analisis data hasil tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Lakat yang siswanya berjumlah 19 orang dengan rincian laki-laki 13 orang dan perempuan 6 orang.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Inpres Lakat, Kab. TTS. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together tentang materi Kebebasan Berorganisasi. (2) Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together tentang materi Kebebasan Berorganisasi. (3) Respon siswa selama menerapkan model Kooperatif tipe Numbered Head Together tentang materi Kebebasan Berorganisasi adalah positif, dimana siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada test akhir siklus I presentase ketuntasan sebesar 68% dimana dapat dikatakan meningkat dari hasil observasi awal dan ketika dilaksanakan test akhir siklus II terjadi peningkatan kembali, siswa dapat mencapai nilai KKM dengan presentase 100%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Tentang Materi Kebebasan Berorganisasi dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Inpres Lakat, Kab. TTS.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140006
Dosen Pembimbing
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA