PENGGUNAAN METODE SURVEI, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPEMAHAMAN CERITA FANTASI SISWA KELAS IV UPTD SD INPRES NAIMATA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN METODE SURVEI, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPEMAHAMAN CERITA FANTASI SISWA KELAS IV UPTD SD INPRES NAIMATA KOTA KUPANG

XML

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita fantasi siswa kelas IV UPTD SD Inpres Naimata Kota Kupang melalui Metode Survei, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R). Dari penelitian ini bagaimana penggunaan Metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut :Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dengan lokasi di UPTD SD Inpres Naimata Kota Kupang Kelas IVC. Subjek penelitian siswa/i kelas IVC berjumlah 19 orang Terdiri dari 14 siswi dan 5 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan memakai teknik analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian dasar pelaksanaan Siklus I adalah hasil tes Pra- Siklus tanpa intervensi metode SQ3R. Besaran perolehan skor Pra-Siklus rata-rata hasil tes siswa 61,05%, dan ketuntasan 26,31% menjadi dasar dilakukannya siklus 1 dengan menggunakan Metode Survei, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) menunjukkan 11 siswa mampu membaca pemahaman pada cerita fantasi dengan rata-rata hasil belajar siswa 70,78, dan ketuntasan 57,89%. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dimana terdapat 18 siswa-siswi mampu membaca pemahaman pada cerita fantasi dengan rata-rata 85,00 dan ketuntasan 94,73% dengan peningkatan 36,84%. Berdasarkan data hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penggunaan Metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVC UPTD SD Inpres Naimata Kota Kupang, sehingga tidak perlu ditindak lanjuti karena penelitian sudah selesai.
Kata kunci : Metode SQ3R, Kemampuan Membaca Pemahaman, Cerita Fantasi


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Melinda Fiktoria Henukh - Personal Name
Student ID
1901140016
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA