Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik materi perubahan wujud benda di kelas IV UPTD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1, Metode Penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang berusaha menemukan persamaan perbedaan tentang benda orang, prosedur kerja, ide, kritik, terhadap orang atau kelompok. Sugiyono mengatakan bahwa”instumen penelitian adalah suatu alat pengumpulan data yang digunaka untuk mengukur fenomeana alam maupun sosial yang diamati”. Dengan demikian penggunaan instrumen penelitian yaitu mencari informasi yang lengkap mengenai suatu maslah, fenomena alam maupun sosial. Kisi-Kisi Instrumen Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen berupa tes yang berupa pertanyaan tentang materi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas, linearitas, hipotesis.
Untuk mengetahui hasil kesamaan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dengan menggunakan SPSS. Pengujian normalitas dilakukan menggunakan uji deskriptif statistik dengan bantuan aplikasi SPSS dan nilai signifikansinya untuk kelas eksperimen yaitu 0,009 dan kelas kontrol yaitu 0,053. Karena nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol > 0,05 maka data dikatakan berdistribusi normal.
Setelah data dinyatakan normal peneliti melakukan uji homogenitas dengan nilai sig data posttest yaitu 0,687. Karena nilai sig dari uji statistik > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa data postest kelas eksperimen dan kelas kontrol bersifat homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran ini berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar anak. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan antara selisih skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa H_O ditolak dan H_a diterima.

Kata Kunci : Media Video Pembelajaran, Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUYUN JUMIATUN - Personal Name
Student ID
2001140004
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 JUM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA