Skripsi
Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Inpres Tarus 1
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peran guru sangatlah penting bagi siswa dimana guru dapat memberikan pelayanan bagi siswa dalam hal menguasai materi dan menciptakan suasana yang nyaman untuk siswa belajar. Serta guru juga harus mampu memberikan bimbingan bagi siswa secara menyeluruh, guru membangkitkan motivasi belajar dengan melakukan berbagai cara, dan guru juga harus melakukan evaluasi demi mengetahui keberhasilan tujuan pembelajaran maupun keberhasilan guru sendiri dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan melakukan penelitian di SD Inpres Tarus 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI yang ditunjukkan dengan adanya guru yang berperan sebagai sumber belajar, sebagai fasilitator, sebagai pengelola kelas, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai evaluator.
Kata kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Julia Agreni Dara Djami - Personal Name
|
Student ID |
1601140005
|
Dosen Pembimbing |
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 DJA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |