Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sakteo

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sakteo

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis masalah pada materi teorema pythagoras guna untuk meningkatkan hasil hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Sakteo yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) serta model dan prosedur penelitian termodifikasi dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 9 tahapan dari 10 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba produk skala besar, revisi produk. Tahapan terakhir yakni produksi massal tidak digunakan dalam penelitian ini. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri Sakteo. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yaitu valid, praktis dan efektif. Rata-rata total presentase validitas berdasarkan penilaian validator adalah 87%, rata-rata total presentase kepraktisan berdasarkan penilaian guru pada skala kelas kecil 71,90% dan pada kelas besar 75,23%. Selain itu presentase respon siswa pada kelas kecil yakni 93,33% dan pada kelas besar yakni 93,91%. Presentase ketuntasan belajar pada uji coba kelas kecil yakni 62,5% dan pada kelas besar 81%. Dengan demikian media pembelajaran berupa bahan ajar berbasis masalah sangat layak digunakan sebagai bahan ajar matematika dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Teorema Pythagoras, Model Penelitian Sugiyono


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Arit Rodes Genakama - Personal Name
Student ID
1801030027
Dosen Pembimbing
Ch. Krisnandari Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Imelda H. E Rimo - 19890603 202321 2 044 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Ketua Penguji
Ch. Krisnandari Ekowati - 19640702 199303 2 005 - Penguji 1
Imelda H. E Rimo - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Gen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA