ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 13 KUPANG PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 13 KUPANG PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

XML

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis pada Pada Materi Teorema Pythagoras ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 13 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G UPTD SMP Negeri 13 Kupang yang berjumlah 6 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari angket, soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa deskripsi kemampuan penalaran matematis pada materi pythagoras ditinjau dari kemandirian belajar antara lain;(a) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar tinggi, mampu menyelesaikan tiga dari empat soal yang diberikan. Dari keempat soal yang diberikan, peserta didik mampu menyajikan pernyataan matematika, mampu melakukan manipulasi matematika, mampu menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, mampu menarik kesimpulan secara logis, dan mampu memeriksa kesahihan suatu argument.(b) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar sedang, hanya mampu menyelesaikan dua soal dari ke empat soal yang diberikan. Dari dua soal yang dikerjakan, salah satu peserta didik mampu menyajikan pernyataan matematika, mampu melakukan manipulasi matematika, mampu menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, mampu menarik kesimpulan secara logis, tapi belum mampu memeriksa kesahihan suatu argument.(c) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah, hanya mampu mengerjakan satu soal dari ke empat soal yang diberikan. Dari satu soal yang dikerjakan, peserta didik mampu menyajikan pernyataan matematika. Sedangkan pada hasil tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar diperoleh;(a) Peserta didik dengan tingkat kemandirian belajar kategori tinggi mempunyai kemampuan penalaran matematis sedang.(b) Peserta didik dengan tingkat kemandirian belajar kategori sedang mempunyai kemampuan penalaran matematis rendah. (c) Peserta didik dengan tingkat kemandirian belajar kategori rendah mempunyai kemampuan penalaran matematis rendah.

Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, pythagoras, kemandirian belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hijra Muhamad Nur - Personal Name
Student ID
1801030074
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiska Atrik Halim - 199604022022032017 - Ketua Penguji
Damianus D. Samo - 19831231 201212 1 003 - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nur A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA