PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BIG BOOK PADA MATERI IPAS BUMIKU SAYANG BUMIKU MALANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD PELANGI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BIG BOOK PADA MATERI IPAS BUMIKU SAYANG BUMIKU MALANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD PELANGI KOTA KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media belajar big book pada materi IPAS Bumiku Sayang Bumiku Malang
terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Pelangi?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan penggunaan media belajar big book pada materi IPAS Bumiku Sayang Bumiku Malang terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Pelangi Kota Kupang. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan di SD Pelangi Kota Kupang dengan hasil penelitian
menunjukan bahwa pada siklus I dari 24 peserta didik 17 orang yang tuntas (70,83%) karena memahami materi yang disampaikan, memperhatikan setiap penjelasan guru menggunakan big book dan mengerjakan soal tes yang diberikan dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas karena tidak memperhatikan guru dalam menjelaskan materi menggunakan media big book dengan baik, tidak dapat mengerjakan soal tes dengan benar dan tidak memahami materi yang diberikan. Kelebihan dan kekurangan guru adalah guru menyampaikan materi dengan jelas , guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya tentang materi yang diberikan, dan guru tidak membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi. Kelebihan dan kekurangan peserta didik adalah peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang materi Bumiku Sayang Bumiku Malang dan peserta didik tidak mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Pada Siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 24 peserta didik yang tuntas 21 orang (87,5%) karena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dengan kelompok , memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut , maka disimpulkan bahwa penggunaan media belajar big book pada materi IPAS Bumiku Sayang Bumiku Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Pelangi Kota Kupang.

Kata Kunci : Big Book , Hasil Belajar dan Bumiku Sayang Bumiku Malang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140051
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tib B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA