Skripsi
Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mollo Selatan
XMLBanyaknya siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Mollo Selatan yang mendapatkan nilai dibawah standar KKM dalam mata pelajaran ekonomi, menjadi masalah yang akan diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan belajar ekonomi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 orang yang diambil menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi, sedangkan data dalam penelitian ini dianalisis dengan regresi linear berganda.
Hasil hasil uji t motivasi belajar (X1) positif dan signifikan mempengaruhi kesulitan belajar dengan signifikasi 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung 8.843 > 1,667 ttabel , perhatian orang tua (X2) positif dan signifikan mempengaruhi kesulitan belajar dengan signifikasi 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 6.761 > 1,667 ttabel dan metode mengajar guru (X3) negatif dan tidak signifikan mempengaruhi kesulitan belajar dengan signifikasi 0,078 > 0,05 dengan nilai thitung -1.792 > 1,667 ttabel. Sedangkan hasil uji F (Fhitung 83,622 > 2,74 Ftabel )
Kata Kunci : Faktor, Kesulitan Belajar, Ekonomi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
STEFEN LY KASE - Personal Name
|
Student ID |
1801080067
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 1 Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 KAS A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |